Metode ini adalah metode hasil buatan sendiri
Pertama
Guru mengajarkan angka 1 hingga 10, yaitu dengan cara guru mengucapkan angka lalu di ikuti oleh siswa. Angka yang diucapkan guru satu persatu angka. Kemudian, dilanjutkan dengan mengucapkan dua perdua angka hingga selanjutnya.
Contoh:
Satu Per Satu Angka
Guru: Satu (1)
Murid: Satu (1)
Guru: Dua (2)
Murid: Dua (2)
Guru: Tiga (3)
Murid: Tiga (3)
Guru: Empat (4)
Murid: Empat (4)
Dan seterusnya hingga angka sepuluh
Dua Per Dua Angka
Guru: Satu, Dua (1,2)
Murid: Satu Dua (1,2)
Guru: 3,4 (Tiga, Empat)
Murid:3,4 (Tiga, Empat)
Dan seterusnya hingga angka sepuluh
Pertama
Guru mengajarkan angka 1 hingga 10, yaitu dengan cara guru mengucapkan angka lalu di ikuti oleh siswa. Angka yang diucapkan guru satu persatu angka. Kemudian, dilanjutkan dengan mengucapkan dua perdua angka hingga selanjutnya.
Contoh:
Satu Per Satu Angka
Guru: Satu (1)
Murid: Satu (1)
Guru: Dua (2)
Murid: Dua (2)
Guru: Tiga (3)
Murid: Tiga (3)
Guru: Empat (4)
Murid: Empat (4)
Dan seterusnya hingga angka sepuluh
Dua Per Dua Angka
Guru: Satu, Dua (1,2)
Murid: Satu Dua (1,2)
Guru: 3,4 (Tiga, Empat)
Murid:3,4 (Tiga, Empat)
Dan seterusnya hingga angka sepuluh
Selanjutnya untuk memperlancar siswa tentang angka tersebut. Guru membagi siswa berpasang-pasangan atau 2 orang satu kelompok. Setelah itu, siswa mengulangi pelajaran angka tersebut mulai dari Satu Per Satu Angka hingga Dua per Dua Angkat.
Tahap Selanjutnya adalah memperlancar hitungan siswa dengan cara:
Guru mengajari siswa menghitung dari angka satu hingga sepuluh. Setelah itu guru mengajari siswa menghitung dari sepuluh ke angka satu.
Contoh:
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
10,9,8,7,6,5,4,3,2,1
Tahap Terakhir
Setiap siswa menuliskan nomor handphone mereka atau angka dengan jumlah 12 di kertas selembar. Lalu guru membagi siswa menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan B. Kelompok B membentuk lingkaran dalam dan kelompok B membentuk lingkaran luar. Kelompok B menghadap ke kelompok A. Jadi A dan B saling berhadapan. Setelah itu siswa saling bertanya berapa angka yang mereka tuliskan di kertas mereka.
Untuk lebih menarik, Siswa berputar ke kanan dengan bernyanyi dengan tujuan mengganti pasangan mereka. Jika lagunya telah selesai siswa pun berhenti berputar, dan bertanya kembali bertanya kepada temannya yang ada di depannya.
Sekian
Moga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar